Mohon Maaf!Jika Terdapat Broken link Harap Berkomentar

Tool Untuk Memeriksa Kata / Kalimat

Pernah kita rasakan bukan dalam membuat artikel dokumen penting atau yang lainnya kita merasa ragu apakah ada kesalahan dalam pengetikan, tentunya jika kita membuat sebuah dokumen yang banyak terdapat kesalahan dalam mengetik kata, apalagi dalam menulis skripsi dan tesis. Kini saya akan sedikit memberi trik dan saya rasa dengan tool ini 80 kata salah akan terdeteksi.

Periksa Kata adalah program untuk memeriksa kesalahan kata dalam suatu dokumen. Program ini untuk membantu para murid, guru, mahasiswa yang sedang skripsi atau siapa saja yang sering melakukan pengetikan dokumen dalam bahasa Indonesia.

Dan berikut cara penggunaannya :
Anda bisa melakukan Cut & Paste dari ketikkan Anda yang ada di Word, atau jika file Anda tersimpan dalam bentuk Text (txt) atau RTF, Anda dapat membukanya dengan menekan tombol "BUKA". Untuk melakukan periksa kata, tekan tombol "PERIKSA". Pada saat pemeriksaan, Anda dapat langsung mengubah kata yang salah dengan menekan tombol "UBAH", mengabaikan kata yang dianggap salah oleh Program sedangkan menurut Anda kata tersebut benar dengan menekan tombol "ABAIKAN", jika kata tersebut menurut Anda Benar dan Anda ingin memasukkan kata tersebut ke dalam perbendaharaan kata, tekan saja tombol "TAMBAH".

Selain dari keunggulannya tool satu ini juga mempunyai keterbatasan, diantaranya :
- Belum bisa membuka file dalam format DOC (Ms Word), dan format lainnya kecuali txt dan rtf.
- Jika melakukan Paste dengan jumlah yang banyak akan muncul Error.
- Jika file yang ingin diperiksa besar, sebaiknya dilakukan Paste sebagian-sebagian.
- Belum ada fasilitas mengedit kata yang sudah dimasukkan ke dalam kamus.
- Kata yang ada di dalam kamus.dat belum tentu benar EYD nya.

Silahkan anda coba sendiri, dan semoga dapat berguna.

Download Periksa Kata

Tolong tinggalkan komentar anda jika postingan ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Terakhir